16.6.08

Apakah Itu Google Adsense?

Google AdSense adalah sebuah program affiliate untuk para ‘publisher’ atau pemilik situs bisa mendapatkan penghasilan tambahan.


Google akan membayar kita untuk setiap ‘traffic’ atau pengunjung atau prospek yang kita kirimkan ke situs orang lain (si pemasang iklan).


Mungkin Anda masih bingung dengan penjelasan saya di atas. Untuk itu akan saya terangkan lagi dengan cara yang lebih sederhana.


Okay! Selama ini mungkin Anda mengenal ‘Google’ hanya sebagai ‘Search Engine’ atau ‘situs pencari’ yang alamatnya di: www.Google.com .


Ternyata tidak demikian! Mereka sebenarnya memiliki service lain yang berbeda! Di antaranya adalah ‘Google Adwords’ dan ‘Google Adsense’.


Meskipun modul ini saya buat khusus untuk membahas ‘Google Adsense’, tapi ada baiknya juga saya terangkan sedikit tentang Google Adwords, karena ada sangkut pautnya dengan Google Adsense.


Google Adwords adalah salah satu layanan Google untuk ‘para pebinis’ atau ‘marketer’ agar bisa memasang iklan di ‘jaringan’ Google.


Mereka membayar Google dengan jumlah tertentu untuk ‘setiap klik’ pada iklan mereka.


Hebat ya Google!  


Dengan memberikan iklan yang sesuai dengan content, maka akan menjadi baik untuk semua pihak!


Baik untuk saya (publisher), karena pada saat ada pengunjung yang datang ke situs ‘wedding’ milik saya, mereka yang sedang mencari informasi tentang pernikahan, tentunya akan senang melihat iklan yang menarik yang berhubungan dengan apa yang sedang mereka cari, dan ini, memungkinkan mereka untuk ‘mengklik’ iklan Adsense yang tampil di situs saya, dan saya pun akan mendapatkan bayaran.


Sementara bagi si pemasang iklan, mereka tentunya berharap orang yang ‘mengklik’ iklannya adalah mereka (prospek) yang memang sedang mencari informasi tentang ‘perkawinan’. Dan diharapkan prospek tersebut akan melakukan pembelian di situs mereka nantinya!


Bagaimana teman, sudah jelas sampai di sini?  


Maaf untuk Asian Brainers yang sudah ‘senior’, bila cara penyampaian saya untuk menerangkan Google Adsense ini mungkin terlalu ‘sederhana’ untuk Anda!


Saya memang sengaja! Karena sebagian besar yang belajar di Asian Brain IMC ini masih sangat pemula. Saya ingin siapapun yang belajar atau membaca panduan ini, terlebih para pemula, akan menjadi ‘paham betul’ dan bisa menjalankan Google Adsense nantinya dengan benar.  


Saya juga berusaha, pada saat menulis panduan belajar ini, untuk membuat suasana ‘seolah’ saya sedang mengobrol dengan Anda, atau saya duduk dipinggir Anda untuk membimbing perlahan-lahan, setahap demi setahap!


Kalau Anda merasakan hal itu, berarti memang jagoan ya saya nulisnya!


(Mendingan “PD” ah daripada minder!) ;-)


Hidup Dora! Berhasil… berhasil… berhasil…!  


Sekarang, yuk kita lanjut ke point berikutnya!  


Apakah Saya Bisa Mendapatkan Penghasilan Yang Besar Melalui Google Adsense?


Terus terang, saya tidak akan pernah bisa mengatakan apakah Anda akan mendapatkan penghasilan yang besar melalui Google Adsense atau tidak!


Saya bahkan tidak pernah tahu berapa saya akan menghasilkan uang dari sebuah situs yang sedang atau akan saya bangun khusus untuk Adsense!



Tapi, tentu saja saya (begitu juga Anda), akan tahu setelah situs itu berjalan! ;-)


Kita akan bisa melihat perkembangannya dari ‘control panel’ yang diberikan oleh Google untuk para pemilik account Adsense!


Dari pengalaman saya, setiap situs yang saya bangun itu penghasilannya berbeda-beda.


Ada beberapa situs niche saya yang menghasilkan hanya $1 - $2 per hari. Ada juga satu situs saya yang menghasilkan lebih dari $100 per hari.


Tapi, rata-rata setiap situs ‘niche’ yang saya miliki, bisa menghasilkan sekitar $20 - $40 per hari seperti yang saya buatkan untuk adik saya pada ‘pendahuluan’ di halaman sebelumnya!


Penghasilan Google Adsense untuk situs Anda nantinya mungkin bisa lebih besar dari situs Adsense milik saya, atau juga bisa kurang!


Besar kecilnya penghasilan Adsense kita tergantung dari banyak factor; seperti pemilihan target market yang tepat, keywords yang tepat, design website yang tepat untuk target market tertentu, isi website, dll.


Tapi yang jelas, bila kita melakukannya dengan konsisten, Google Adsense bisa menjadikan komputer Anda menjadi 'mesin pencetak uang'.


Saran dari saya: Jangan Anda berharap terlalu banyak dulu, seperti misalnya Anda menjadi frustasi karena penghasilan Adsense Anda hanya $1 per hari atau bahkan kurang. Lalu Anda mengeluh… “Kenapa ya, saya tidak bisa membuat satu situs yang bisa menghasilkan rata-rata $20 - $40 per hari dari Adsense seperti situs punya Ahira?!”


Teman, meskipun banyak orang mengatakan Ahira adalah seorang Marketer Dunia, bukan berarti saya tidak pernah melakukan kesalahan! Saya bisa mengajar Anda seperti sekarang, karena saya dulu banyak melakukan kesalahan pada saat belajar Internet Marketing. Nah, karena saya pernah berbuat kesalahan, saya jadi bisa memberitahu, apa yang harus dilakukan, dan apa yang harus dihindari.


Dan percaya kepada saya, meski pun sekarang Anda sudah memiliki ‘peta’ dari saya, Anda masih akan membuat kesalahan pada saat praktek.  


Tapi jangan Anda anggap itu sebagai kegagalan apalagi frustasi dan ‘mundur’. Anggap itu sebagai bagian dari proses belajar.


Ngomong-ngomong, saya juga memiliki beberapa website yang menghasilkan hanya $1 per hari, kadang kurang!



Pokoknya, semua itu perlu latihan! Dan WAKTU. Untuk bisa mendapatkan target market yang tepat, pemilihan ‘keywords’ yang tepat, content yang tepat, dll.


Kalau menurut saya, sebenarnya masih ‘lebih baik’ jika seseorang BISA membuat situs yang menghasilkan $1 per hari.


Kalau kita sudah bisa membuat $1 per hari, kenapa kita tidak bangun saja 100 situs? Kalau kita konsisten mengerjakannya khan pasti bisa!


Bayangkan kalau Anda punya 100 situs yang bisa menghasilkan $1 per hari. $1 x 100 = $100 per hari alias $3,000 per bulan!


Artinya: Penghasilan Anda per tahun = US$36,000


Modal: a. Domain 100 x $8 = $800 per tahun


b. Hosting untuk ‘unlimited domain’ (dedicated server) sekitar $200 per bulan! = $2400 per tahun


Total Modal = $3,200


Profit = $36,000 - $3200 = $32,800


Anda tinggal memiliki kemauan untuk membangun website-website itu!

Dan tentu saja, modal yang $3,200 itu pun tidak perlu Anda keluarkan sekaligus, tapi nyicil!


Anda tahu, saya mengenal seseorang yang memiliki 156 situs, dia bisa menghasilkan lebih dari 4 MILIAR rupiah per tahun dari ‘Adsense’ saja! Dia bilang, dia JUGA memiliki beberapa situs yang hanya menghasilkan $1 bahkan kurang setiap harinya, dan dari beberapa situs lainnya cukup besar!


So, masa iya sih dari 100 situs niche yang dibangun ‘secara benar’ oleh Asian Brainers tidak ada satu pun yang bisa menghasilkan ‘lumayan’?


Saran saya, mulailah membangun situs-situs niche yang khusus dibuat untuk Adsense! Carilah target market yang specific dan kurang saingannya! Buatlah topik untuk website niche tersebut. Dan mulailah mencari content!

2 komentar:

Master Download mengatakan...

stress neh adsense... susah amat

Eky Dakka mengatakan...

Iya bener.. buang duit buat warnet kali...

Tips Sukses Adsense