16.6.08

Apakah yang dimaksud dengan saluran?

Saluran dapat digunakan untuk melihat laporan rinci tentang performa halaman dan unit iklan tertentu. Dengan menetapkan kombinasi halaman atau unit iklan pada saluran, Anda dapat melacak performa leaderboard dibandingkan dengan banner, atau membandingkan halaman sepeda motor dengan halaman mobil Anda. Anda bahkan dapat membuat saluran untuk melacak setiap domain terpisah agar dapat melihat asal klik. Meskipun saluran dapat digunakan untuk melacak performa dan pendapatan, namun tidak akan berpengaruh pada penghasilan atau penargetan iklan.


Berikut adalah dua jenis saluran yang dapat dipilih: saluran URL dan saluran kustom.


Saluran URL


Gunakan Saluran URL untuk melacak performa tanpa memodifikasi kode iklan Anda. Dengan memasukkan sebagian atau URL lengkap, Anda dapat memulai pelacakan performa halaman tertentu di situs Anda. Anda dapat memasukkan nama domain tingkat atas untuk melacak semua halaman pada domain tersebut, atau memasukkan sebagian URL untuk melacak semua halaman di bawah direktori tertentu. Memasukkan URL lengkap akan melacak performa halaman tertentu.


Untuk informasi lebih lanjut, baca Bagaimana cara membuat saluran URL?


Saluran URL hanya tersedia bagi AdSense untuk halaman konten. Jika Anda ingin melacak AdSense untuk performa pencarian, gunakan saluran kustom.


Saluran Kustom


Saluran kustomdapat digunakan untuk melacak performa unit iklan spesifik berdasarkan kriteria yang ditetapkan. Dengan menyisipkan kode iklan khusus saluran pada halaman, Anda dapat melacak berbagai metrik di semua rentang URL. Gunakan saluran kustom, misalnya untuk melacak performa berbagai format iklan atau membandingkan berbagai topik halaman. Untuk mempelajari cara membuat dan menetapkan saluran kustom, baca Bagaimana cara membuat saluran kustom?


Anda juga dapat mengubah saluran kustom menjadi penempatan iklan yang dapat dipilih pengiklan untuk menempatkan iklannya.


Dengan 200 saluran AdSense dan 200 saluran AdSense untuk pencarian yang tersedia bagi setiap penayang, Anda dapat menggunakan semua saluran untuk memperoleh informasi yang diperlukan dalam mengoptimalkan performa situs. Saluran dapat ditambahkan, dinonaktifkan, atau diubah namanya secara praktis, dan laporan kustom dapat dibuat dengan mudah.


Tips: Untuk petunjuk dan saran tentang cara menggunakan saluran dalam melacak dan meningkatkan performa, lihat panduan Pengoptimalan dengan Saluran.


Uji keberhasilan Anda dengan saluran


Apakah Anda ingin mengetahui efektivitas penempatan, format, atau warna iklan tertentu pada halaman? Jalankan pengujian untuk mengetahuinya. Melakukan percobaan dengan AdSense dapat membantu Anda mengetahui hal yang akan paling berhasil di situs Anda, dan saluran merupakan perangkat yang tepat untuk percobaan tersebut. Kapanpun Anda melakukan perubahan pada situs, manfaatkan saluran untuk mengukur dan melihat dampaknya. Apapun yang ingin Anda lacak, baik jenis penempatan iklan tertentu atau seluruh situs, saluran kustom dan URL akan membantu Anda menentukan hal yang paling berhasil.


Pengujian juga akan membantu Anda mengambil keputusan yang cerdas tentang iklan. Jika Anda mempertimbangkan penggunaan salah satu tips pengoptimalan kami yang lainnya, sebaiknya lakukan pengujian menggunakan saluran. Semakin sering Anda melakukan pengujian, maka akan semakin baik pengetahuan Anda tentang dampak iklan. Semakin baik pengetahuan tentang dampak iklan, maka akan semakin cepat Anda menyadari potensi penghasilan Anda.


Tips untuk pengguna saluran: Saat membuat saluran kustom, berikan nama yang rinci agar di lain waktu Anda dapat mengidentifikasinya dengan mudah dalam laporan. Misalnya, "KananArtikelSkyscraperLebarTempatTerbuka" dapat menunjukkan unit iklan skyscraper lebar dengan palet Tempat Terbuka, yang terdapat di sisi kanan halaman artikel.


Saluran URL digunakan untuk melacak performa iklan di seluruh domain, subdomain, direktori, dan setiap halaman. Saluran tersebut dapat membantu Anda menjawab pertanyaan seperti:


· Domain manakah yang memberikan penghasilan terbesar?


· Di bagian situs manakah iklan berperforma terbaik? Artikel? Forum? Blog?


Membuat Saluran URL

Saluran URL mudah dibuat dan diterapkan melalui account AdSense. Untuk mengetahui caranya, lihat contoh sebagai berikut.


Skenario: Lisa memiliki situs tentang anjing (www.ContohSitusAnjing.co.id) dan ingin mengetahui performa iklan AdSense pada halaman artikel dibandingkan dengan bagian forum.


Ia melakukannya dalam 2 langkah mudah:


· Langkah pertama adalah log in, kemudian mengklik tab Konfigurasi AdSense. Baris link akan ditampilkan di bawah tab. Klik link Saluran.


· Selanjutnya, pastikan Anda berada pada subtab untuk produk yang benar (AdSense untuk konten atau AdSense untuk pencarian) dan membuat saluran URL, bukan saluran kustom. Klik link Tambahkan saluran URL baru, kemudian buat saluran baru untuk setiap direktori dengan memasukkan alamat (tanpa 'www') dalam kotak yang dihasilkan.


Dalam kasus ini, kami akan membuat 2 saluran: Satu untuk ContohSitusAnjing.co.id/artikel yang akan melacak performa iklan gabungan di semua artikel Lisa, dan satu lagi untuk ContohSitusAnjing.co.id/forum yang akan memantau semua bagian forum Lisa.



Setelah dibuat, saluran URL akan segera mulai mengumpulkan statistik. Untuk memaksimalkan penggunaan saluran, Anda harus dapat membuat laporan saluran yang efektif. Untuk mempelajari caranya, lihat di bawah ini.


Untuk jawaban atas beberapa pertanyaan umum tentang saluran URL, kunjungi link berikut:


· Bagaimanakah cara saluran URL melacak subdomain?


· Apakah nama saluran URL dapat diubah?


· Apakah saluran URL menyediakan data historis?



Saluran Kustom






Saluran kustom dapat digunakan untuk membantu Anda melacak warna, format, dan penempatan iklan yang paling efektif di situs Anda atau menyediakan jawaban atas pertanyaan seperti:


· Unit iklan manakah yang memperoleh penghasilan terbesar pada halaman muka?


oLeaderboard di bagian atas halaman?


oPersegi panjang di bagian tengah artikel?


oSkyscraper di sisi kanan halaman?


oUnit link dalam navigasi kiri?


· Apakah iklan akan berperforma lebih baik dengan atau tanpa batas tepi?


oTips: biasanya, iklan berperforma lebih baik tanpa batas tepi


· Bagaimanakah perbandingan penghasilan untuk setiap kotak AdSense untuk pencarian?


Untuk memaksimalkan penggunaan saluran kustom, sebaiknya lacak setiap unit iklan. Dengan demikian, Anda akan memiliki sekumpulan laporan utama yang dapat digunakan untuk menggabungkan data dari semua unit iklan, atau mengkombinasikan berbagai variasi agar memperoleh pengetahuan lebih rinci tentang performa AdSense situs Anda dan menjawab jenis pertanyaan yang tercantum di sisi atas bagian ini.


Membuat Saluran Kustom


Anda harus memahami cara menggunakan saluran kustom untuk menjawab pertanyaan di atas agar dapat mengoptimalkan performa unit iklan AdSense. Perhatikan contoh berikut.


Skenario: Joni memiliki situs tentang mobil. Saat ini, situsnya memiliki 3 unit iklan dan 1 unit link, kemudian Joni ingin mengetahui unit yang berperforma paling efektif. Untuk melakukannya, ia membuat saluran kustom terpisah untuk keempat unit iklan agar dapat memantau performanya.


Membuat dan menerapkan saluran kustom memerlukan proses yang lebih rumit dibandingkan saluran URL. Jangan khawatir, kami akan menunjukkan cara membuat saluran kustom dalam 4 langkah mudah:


1.       Mulai dengan log in ke account Anda, kemudian klik tab Konfigurasi AdSense, diikuti link Saluran. Untuk skenario ini, kami akan memperhatikan saluran kustom AdSense untuk konten. Karenanya, pastikan Anda berada pada produk dan subtab saluran yang tepat. Selanjutnya, klik Tambahkan saluran kustom baru


2.       Langkah berikutnya adalah memberikan nama saluran.

Anda harus memberikan nama saluran kustom yang tepat dan konsisten. Semakin banyak informasi lokasi dan cara penggunaan unit iklan pada nama, maka akan semakin mudah diidentifikasi di lain waktu saat membuat laporan saluran. Untuk contoh yang digunakan di sini, sebaiknya gunakan nama seperti:


oMukaAtasLeaderCokelatTanah


oMukaTengahPersegiPanjangCokelatTanah


oMukaKananSkyscpCokelatTanah


oMukaKiriLinkNavCokelatTanah


Anda akan menyadari bahwa semua nama tersebut mengikuti pola Halaman+Lokasi+Format Iklan+Palet Warna. Kami menganggap pola ini bermanfaat, namun Anda dapat menggunakan metode apapun yang paling sesuai untuk Anda.


Masukkan nama saluran dalam kotak saluran baru, kemudian klik Tambahkan saluran.



3.       Kini Anda dapat membuat kode iklan khusus saluran. Setelah nama dibuat, klik tab Konfigurasi AdSense, lalu pilih AdSense untuk konten sebagai produk.

Lanjutkan dengan memilih jenis iklan, format iklan, dan palet warna seperti biasa, kemudian di bagian Saluran,


pilih nama saluran yang akan ditambahkan dengan mengklik link Tambah>> (Anda dapat menambahkan hingga 5 saluran),


lalu klik Lanjut agar pilihan Anda tercermin dalam kode tata letak iklan.


4.       Terakhir, salin dan sisipkan kode pada halaman Web Anda. Pengidentifikasi saluran dalam kode Anda akan segera memulai pelacakan performa. Jika halaman tersebut telah memiliki kode iklan, Anda harus menggantinya dengan kode khusus saluran yang baru.

Ulangi proses untuk setiap unit iklan yang akan dilacak.



3. Membuat Laporan Saluran






Saluran aktif akan mengumpulkan data yang dapat diakses setiap saat. Data akan diatur dalam format laporan dan dapat diambil dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut:


1.       Setelah log in, klik link 'Laporan Lanjutan'.


2.       Pilih produk yang akan dilacak: AdSense untuk konten atau AdSense untuk pencarian.


3.       Setelah itu, klik tombol radio Data saluran.


4.       Selanjutnya, pilih rentang tanggal yang akan digunakan.


5.       Kini pilih saluran yang akan dibuatkan laporan menggunakan kotak centang.


oPerhatikan: Untuk mencari grup saluran tertentu dengan mudah, gunakan fungsi pencarian.

Menurut prinsip penamaan yang dijelaskan di bagian saluran kustom, jika Anda ingin mencari semua saluran yang terkait dengan halaman muka, ketik 'Muka' dalam kotak 'Cari Saluran'. Demikian juga, jika Anda ingin mencari semua saluran yang terkait dengan kotak iklan persegi panjang, cari kata 'Persegi panjang'. Setelah menyelesaikan pencarian, Anda dapat memilih semua hasil atau memilihnya satu per satu.


6.       Setelah memilih saluran yang dikehendaki, tentukan cara pengelompokan data yang diinginkan.


oUntuk laporan harian tentang data saluran yang dipilih, gunakan tombol radio Tanggal.


oUntuk laporan gabungan tentang statistik saluran pada rentang tanggal yang dipilih, gunakan tombol radio Saluran.


§ Tips: bermanfaat untuk perbandingan sederhana antara dua saluran atau lebih


oUntuk evaluasi lengkap tentang performa satu atau beberapa saluran yang ditampilkan menurut tanggal, pilih tombol radio Keduanya.


7.       Terakhir, klik tombol Tampilkan Laporan.


Tips: Anda tidak yakin tentang hal yang harus diuji dalam saluran kustom? Untuk saran tentang cara mengoptimalkan performa iklan, pelajari Tips Pengoptimalan kami.


Bagaimanakah cara mengubah saluran kustom menjadi penempatan iklan?


Bila Anda mengubah saluran kustom menjadi penempatan iklan yang dapat ditargetkan, pengiklan akan melihat penempatan iklan yang ditetapkan sebagai salah satu tempat yang tersedia untuk menayangkan iklan mereka. Anda dapat mengubah saluran kustom menjadi penempatan iklan dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:


1.       Log in ke account Anda di http://www.google.com/adsense


2.       Dalam tab Konfigurasi AdSense, kunjungi halaman Saluran.


3.       Dalam subtab AdSense untuk konten, pastikan Anda memilih saluran kustom.


4.       Klik tombol radio di sebelah saluran yang akan ditargetkan, kemudian klik link 'edit pengaturan' yang sesuai.


5.       Klik kotak centang Tampilkan saluran ini kepada pengiklan sebagai penempatan iklan, kemudian masukkan keterangan saluran. Perlu diketahui bahwa pengiklan akan melihat nama dan keterangan tersebut, sehingga sebaiknya berikan keterangan akurat dan informatif yang mencerminkan situs Anda dengan baik.


6.       Klik 'Simpan saluran'.


Perlu diketahui bahwa jika Anda memiliki saluran kustom yang mencakup beberapa situs, pengiklan akan melihatnya terbagi menjadi beberapa saluran kustom menurut situs. Perlu diketahui juga bahwa jika Anda mengedit nama saluran di lain waktu, tawaran pengiklan yang ada untuk saluran tersebut akan hilang.


Tidak ada komentar:

Tips Sukses Adsense