16.6.08

Format iklan apakah yang seharusnya saya gunakan?

Sebagai aturan praktis, format iklan yang lebih lebar cenderung berperforma lebih baik dibandingkan yang lebih panjang, karena mudah dibaca. Pembaca menyerap informasi dalam unit pikiran (yakni, beberapa kata dalam satu waktu). Format lebih lebar memudahkan pengguna untuk membaca lebih banyak teks dengan melihat sekilas tanpa harus berpindah baris dan kembali ke margin kiri setiap beberapa kata seperti halnya dengan iklan yang lebih sempit. Format iklan lebih lebar juga akan mengurangi kemungkinan pembaca meninggalkan unit iklan secara keseluruhan.


Karena format tersebut memungkinkan pengguna untuk membaca lebih banyak teks tanpa harus berpindah baris setiap beberapa kata, maka kemungkinan besar mata pengguna tidak akan meninggalkan unit iklan secara keseluruhan. Jika ditempatkan pada posisi yang benar, format iklan tersebut dapat meningkatkan penghasilan Anda. Format yang kami ketahui paling efektif adalah Persegi Panjang Besar 336x280, Persegi Panjang Sedang 300x250, dan Skyscraper Lebar 160x600. Perlu diketahui bahwa meskipun format iklan tersebut biasanya berperforma baik, namun sebaiknya Anda menggunakan format yang paling sesuai dengan halaman Anda.


Tips untuk mengoptimalkan ruang iklan yang sempit: Coba salah satu format unit link disempurnakan yang ditampilkan di bawah ini atau unit arahan. Format tersebut ramping, jelas, dan cukup fleksibel untuk menempati lokasi yang tidak dapat ditempati oleh iklan biasa.


Apakah warna palet yang paling berhasil?


Jika ingin mendapatkan dampak penghasilan tertinggi dengan upaya terendah, sebaiknya optimalkan palet warna Anda. Memilih palet yang tepat dapat membedakan antara iklan yang akan dilihat - dan diklik - pengguna dengan iklan yang akan langsung mereka abaikan.


Kami mencantumkan beberapa strategi di bawah ini yang dirancang untuk mengurangi pengabaian iklan, yakni kecenderungan pengguna untuk mengabaikan apapun yang terpisah dari konten utama situs. Dengan melakukan perubahan tersebut, iklan Anda akan lebih menarik bagi pengguna. Tujuannya bukan membuat pengguna menganggap iklan sebagai konten, namun membuat pengguna melihat dan membaca iklan agar dapat mengklik hal menarik bagi mereka.


Strategi warna yang harus digunakan di situs Anda akan beragam, tergantung pada penempatan iklan dan warna latar belakang lokasi iklan. Lihat tabel di bawah ini untuk mendapatkan referensi cepat tentang saran strategi kami yang akan berhasil di situs Anda.
























Iklan dalam konten



Iklan di dekat konten



Latar belakang iklan cerah



Samar



Samar atau pelengkap



Latar belakang iklan gelap



Samar, pelengkap, atau kontras



Kontras atau pelengkap



Berikut adalah penjelasan singkat tentang 3 teknik yang dapat digunakan untuk merancang palet warna yang akan berhasil di situs Anda:


· Untuk menyamarkan, buat warna latar belakang dan batas tepi iklan Anda sama dengan latar belakang halaman lokasi iklan. Jika situs Anda memiliki latar belakang putih dan Anda tidak ingin menghabiskan banyak waktu untuk memilih warna iklan, sebaiknya gunakan palet Tempat Terbuka standar kami.


· Untuk melengkapi, gunakan warna yang sudah ada di situs Anda, namun jangan samakan dengan warna latar belakang dan batas tepi yang tepat berada di lokasi iklan.


· Untuk membuat kontras, pilih warna yang mencolok dengan latar belakang situs Anda. Kontras hanya disarankan untuk situs dengan latar belakang gelap, jadi sebaiknya Anda menggunakan palet dengan latar belakang putih, batas tepi putih, dan judul biru.














Samar



Pelengkap



Kontras



Samar



Pelengkap



Kontras



Untuk sebagian besar teknik warna, sebaiknya gunakan warna teks iklan dan link yang sudah ada di situs Anda. Misalnya, jika semua link di situs Anda berwarna hijau dan teks berwarna hitam, gunakan juga link hijau dan teks hitam untuk iklan Anda. Karena sebagian besar pengguna terbiasa melihat link biru, Anda juga dapat mencoba menggunakan warna biru.


Secara umum, gunakan cara berpikir rasional saat memilih palet warna. Jika warna utama situs Anda adalah pastel, jangan rancang iklan yang semuanya memiliki warna primer. Pengguna tidak akan mengklik iklan yang tidak menarik secara visual.


Meskipun iklan Anda telah dirancang dengan sempurna, namun teknik di atas mungkin tidak berhasil karena beberapa alasan:


· Apakah situs Anda memiliki sebagian besar pengunjung berulang?
Jika pengunjung Anda sering kembali, mereka akan cenderung mengabaikan posisi iklan seiring waktu, apapun warna iklan yang ditampilkan. Coba ganti warna atau sesekali ubah lokasi iklan Anda pada halaman.


· Apakah situs Anda memiliki banyak iklan dan konten yang penuh?
Jika situs Anda dipenuhi iklan atau berisi banyak konten yang bersaing, mungkin Anda harus menggunakan warna yang lebih menarik secara visual agar iklan Anda menarik perhatian pengguna. Jika teknik di atas tidak memberi hasil bagi Anda, coba gunakan palet yang lebih mencolok


Tips untuk membuat iklan yang menarik: buka halaman Anda, lalu lihat sekilas, tempatkan diri Anda dalam posisi sebagai pengguna biasa. Apakah iklan Anda menarik perhatian, namun tidak berlebihan? Apakah Anda akan melihat dan membaca iklan tersebut, atau apakah mata Anda langsung beralih melaluinya? Coba seimbangkan antara iklan yang berlebihan terhadap konten Anda dengan iklan yang bahkan tidak akan dilihat pengguna. Bayangkan Anda sebagai pengguna, lalu lihat contoh di bawah ini. Apakah Anda akan memperhatikan iklan dengan penerapan ini?









Tidak Mencolok



Mencolok




Tips untuk menguji palet warna: tambahkan variasi dan kesegaran pada iklan Anda dengan menggilir beberapa palet warna. Anda hanya perlu menetapkan pilihan Gunakan beberapa palet saat membuat kode iklan pada langkah Pilih Format dan Warna Iklan dalam konfigurasi kode iklan, kemudian menekan tombol Kontrol atau Perintah, lalu memilih hingga 4 palet warna.


Apakah yang dimaksud dengan iklan teks yang diperluas?


Bila Anda melihat iklan teks yang diperluas hingga lebih dari satu unit iklan atau seluruh unit iklan, maka iklan teks tersebut mungkin bertarget penempatan atau bertarget kata kunci.


Iklan teks bertarget penempatan muncul bila pengiklan memilih situs tertentu untuk menjalankan iklan mereka berdasarkan harga per tayang. Iklan tersebut kemudian diperluas untuk mengisi seluruh unit iklan, sehingga membuatnya lebih menarik bagi pengiklan dan menghasilkan tawaran lebih tinggi yang berarti penghasilan yang lebih tinggi pula bagi penayang.


Iklan teks bertarget kata kunci juga dapat diperluas bila kami menganggap bahwa iklan yang lebih besar akan memiliki performa lebih baik untuk halaman tertentu. Teknologi AdSense akan secara otomatis menetapkan jumlah iklan optimal untuk ditampilkan dan hanya akan menampilkan lebih sedikit iklan bila meningkatkan penghasilan.


Perlu diketahui bahwa saat ini Anda tidak dapat membatalkan penayangan iklan teks yang diperluas. Jumlah iklan yang ditampilkan dalam unit iklan Anda ditetapkan secara otomatis untuk memaksimalkan klik per tayang dan penghasilan.


Bagaimana cara menyesuaikan warna iklan di situs Web?


Anda dapat memilih dari sejumlah palet warna standar atau membuatnya sendiri hingga 100 palet warna. Pemilihan palet warna dan format iklan sewaktu menjalankan panduan konfigurasi iklan akan menghasilkan kode iklan yang sesuai. Anda dapat memilih hingga 4 palet yang akan digilir secara acak. Untuk memanfaatkan fitur ini, Anda memerlukan browser Web yang lebih baru dengan fungsi JavaScript (Internet Explorer 5.5+ atau Netscape 6+).


Untuk mendapatkan kode iklan dengan palet pilihan Anda:


· Log in ke account Anda di https://www.google.com/adsense


· Klik tab Konfigurasi AdSense, lalu pilih AdSense untuk konten sebagai produk


· Pilih jenis dan format iklan.


· Dalam drop-down Warna, pilih salah satu palet standar. Anda dapat mengeditnya dengan mengklik kotak warna di samping setiap elemen iklan. Untuk menggilir palet, klik 'Gunakan beberapa palet', lalu pilih hingga 4 palet warna dengan menekan terus tombol Control atau Command.


· Jika Anda ingin memperbarui warna unit AdSense ini di lain waktu, berikan nama yang mudah diingat untuk unit AdSense tersebut. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah menemukan dan memperbarui pengaturan warnanya (atau pengaturan lain) secara langsung dalam account Anda, tanpa menyisipkan ulang kode iklan.


· Menyalin dan menyisipkan kode iklan AdSense ke halaman Web


Untuk membuat palet warna kustom dan mengatur daftar palet Anda:


· Log in ke account Anda di https://www.google.com/adsense


· Klik Palet Warna dalam tab Konfigurasi AdSense


· Pertama-tama, pilih palet warna standar


· Pilih warna yang diinginkan untuk setiap area iklan (batas tepi, latar belakang, judul, teks, dan URL)


· Berikan nama pada palet baru Anda


Klik Simpan Pengaturan

1 komentar:

Gadged mengatakan...

kalo formatnya bagus juga mas dan mas memiliki ilmu yang bermanfaat bagi kelangsungan dan kesejahteraan publisher indonesia.dan semoga anda diberikan kesehatan jasmani dan rohani.
oh ya boleh minta tolong ga?kalo
di bloggku earnya masih sangat minim
bagaimana menurut mas menilai iklan yang tampil apakah udah maksimal?
soalnya kau belom negrti cara2 html untuk menempatkan code di tempat2 yang tepat
erfiz on (egadged.blogspot.com)

Tips Sukses Adsense