16.6.08

Apakah Itu Google Adsense?

Google AdSense adalah sebuah program affiliate untuk para ‘publisher’ atau pemilik situs bisa mendapatkan penghasilan tambahan.


Google akan membayar kita untuk setiap ‘traffic’ atau pengunjung atau prospek yang kita kirimkan ke situs orang lain (si pemasang iklan).


Mungkin Anda masih bingung dengan penjelasan saya di atas. Untuk itu akan saya terangkan lagi dengan cara yang lebih sederhana.


Okay! Selama ini mungkin Anda mengenal ‘Google’ hanya sebagai ‘Search Engine’ atau ‘situs pencari’ yang alamatnya di: www.Google.com .


Ternyata tidak demikian! Mereka sebenarnya memiliki service lain yang berbeda! Di antaranya adalah ‘Google Adwords’ dan ‘Google Adsense’.


Meskipun modul ini saya buat khusus untuk membahas ‘Google Adsense’, tapi ada baiknya juga saya terangkan sedikit tentang Google Adwords, karena ada sangkut pautnya dengan Google Adsense.


Google Adwords adalah salah satu layanan Google untuk ‘para pebinis’ atau ‘marketer’ agar bisa memasang iklan di ‘jaringan’ Google.


Mereka membayar Google dengan jumlah tertentu untuk ‘setiap klik’ pada iklan mereka.


Hebat ya Google!  


Dengan memberikan iklan yang sesuai dengan content, maka akan menjadi baik untuk semua pihak!


Baik untuk saya (publisher), karena pada saat ada pengunjung yang datang ke situs ‘wedding’ milik saya, mereka yang sedang mencari informasi tentang pernikahan, tentunya akan senang melihat iklan yang menarik yang berhubungan dengan apa yang sedang mereka cari, dan ini, memungkinkan mereka untuk ‘mengklik’ iklan Adsense yang tampil di situs saya, dan saya pun akan mendapatkan bayaran.


Sementara bagi si pemasang iklan, mereka tentunya berharap orang yang ‘mengklik’ iklannya adalah mereka (prospek) yang memang sedang mencari informasi tentang ‘perkawinan’. Dan diharapkan prospek tersebut akan melakukan pembelian di situs mereka nantinya!


Bagaimana teman, sudah jelas sampai di sini?  


Maaf untuk Asian Brainers yang sudah ‘senior’, bila cara penyampaian saya untuk menerangkan Google Adsense ini mungkin terlalu ‘sederhana’ untuk Anda!


Saya memang sengaja! Karena sebagian besar yang belajar di Asian Brain IMC ini masih sangat pemula. Saya ingin siapapun yang belajar atau membaca panduan ini, terlebih para pemula, akan menjadi ‘paham betul’ dan bisa menjalankan Google Adsense nantinya dengan benar.  


Saya juga berusaha, pada saat menulis panduan belajar ini, untuk membuat suasana ‘seolah’ saya sedang mengobrol dengan Anda, atau saya duduk dipinggir Anda untuk membimbing perlahan-lahan, setahap demi setahap!


Kalau Anda merasakan hal itu, berarti memang jagoan ya saya nulisnya!


(Mendingan “PD” ah daripada minder!) ;-)


Hidup Dora! Berhasil… berhasil… berhasil…!  


Sekarang, yuk kita lanjut ke point berikutnya!  


Apakah Saya Bisa Mendapatkan Penghasilan Yang Besar Melalui Google Adsense?


Terus terang, saya tidak akan pernah bisa mengatakan apakah Anda akan mendapatkan penghasilan yang besar melalui Google Adsense atau tidak!


Saya bahkan tidak pernah tahu berapa saya akan menghasilkan uang dari sebuah situs yang sedang atau akan saya bangun khusus untuk Adsense!



Tapi, tentu saja saya (begitu juga Anda), akan tahu setelah situs itu berjalan! ;-)


Kita akan bisa melihat perkembangannya dari ‘control panel’ yang diberikan oleh Google untuk para pemilik account Adsense!


Dari pengalaman saya, setiap situs yang saya bangun itu penghasilannya berbeda-beda.


Ada beberapa situs niche saya yang menghasilkan hanya $1 - $2 per hari. Ada juga satu situs saya yang menghasilkan lebih dari $100 per hari.


Tapi, rata-rata setiap situs ‘niche’ yang saya miliki, bisa menghasilkan sekitar $20 - $40 per hari seperti yang saya buatkan untuk adik saya pada ‘pendahuluan’ di halaman sebelumnya!


Penghasilan Google Adsense untuk situs Anda nantinya mungkin bisa lebih besar dari situs Adsense milik saya, atau juga bisa kurang!


Besar kecilnya penghasilan Adsense kita tergantung dari banyak factor; seperti pemilihan target market yang tepat, keywords yang tepat, design website yang tepat untuk target market tertentu, isi website, dll.


Tapi yang jelas, bila kita melakukannya dengan konsisten, Google Adsense bisa menjadikan komputer Anda menjadi 'mesin pencetak uang'.


Saran dari saya: Jangan Anda berharap terlalu banyak dulu, seperti misalnya Anda menjadi frustasi karena penghasilan Adsense Anda hanya $1 per hari atau bahkan kurang. Lalu Anda mengeluh… “Kenapa ya, saya tidak bisa membuat satu situs yang bisa menghasilkan rata-rata $20 - $40 per hari dari Adsense seperti situs punya Ahira?!”


Teman, meskipun banyak orang mengatakan Ahira adalah seorang Marketer Dunia, bukan berarti saya tidak pernah melakukan kesalahan! Saya bisa mengajar Anda seperti sekarang, karena saya dulu banyak melakukan kesalahan pada saat belajar Internet Marketing. Nah, karena saya pernah berbuat kesalahan, saya jadi bisa memberitahu, apa yang harus dilakukan, dan apa yang harus dihindari.


Dan percaya kepada saya, meski pun sekarang Anda sudah memiliki ‘peta’ dari saya, Anda masih akan membuat kesalahan pada saat praktek.  


Tapi jangan Anda anggap itu sebagai kegagalan apalagi frustasi dan ‘mundur’. Anggap itu sebagai bagian dari proses belajar.


Ngomong-ngomong, saya juga memiliki beberapa website yang menghasilkan hanya $1 per hari, kadang kurang!



Pokoknya, semua itu perlu latihan! Dan WAKTU. Untuk bisa mendapatkan target market yang tepat, pemilihan ‘keywords’ yang tepat, content yang tepat, dll.


Kalau menurut saya, sebenarnya masih ‘lebih baik’ jika seseorang BISA membuat situs yang menghasilkan $1 per hari.


Kalau kita sudah bisa membuat $1 per hari, kenapa kita tidak bangun saja 100 situs? Kalau kita konsisten mengerjakannya khan pasti bisa!


Bayangkan kalau Anda punya 100 situs yang bisa menghasilkan $1 per hari. $1 x 100 = $100 per hari alias $3,000 per bulan!


Artinya: Penghasilan Anda per tahun = US$36,000


Modal: a. Domain 100 x $8 = $800 per tahun


b. Hosting untuk ‘unlimited domain’ (dedicated server) sekitar $200 per bulan! = $2400 per tahun


Total Modal = $3,200


Profit = $36,000 - $3200 = $32,800


Anda tinggal memiliki kemauan untuk membangun website-website itu!

Dan tentu saja, modal yang $3,200 itu pun tidak perlu Anda keluarkan sekaligus, tapi nyicil!


Anda tahu, saya mengenal seseorang yang memiliki 156 situs, dia bisa menghasilkan lebih dari 4 MILIAR rupiah per tahun dari ‘Adsense’ saja! Dia bilang, dia JUGA memiliki beberapa situs yang hanya menghasilkan $1 bahkan kurang setiap harinya, dan dari beberapa situs lainnya cukup besar!


So, masa iya sih dari 100 situs niche yang dibangun ‘secara benar’ oleh Asian Brainers tidak ada satu pun yang bisa menghasilkan ‘lumayan’?


Saran saya, mulailah membangun situs-situs niche yang khusus dibuat untuk Adsense! Carilah target market yang specific dan kurang saingannya! Buatlah topik untuk website niche tersebut. Dan mulailah mencari content!

Format iklan apakah yang seharusnya saya gunakan?

Sebagai aturan praktis, format iklan yang lebih lebar cenderung berperforma lebih baik dibandingkan yang lebih panjang, karena mudah dibaca. Pembaca menyerap informasi dalam unit pikiran (yakni, beberapa kata dalam satu waktu). Format lebih lebar memudahkan pengguna untuk membaca lebih banyak teks dengan melihat sekilas tanpa harus berpindah baris dan kembali ke margin kiri setiap beberapa kata seperti halnya dengan iklan yang lebih sempit. Format iklan lebih lebar juga akan mengurangi kemungkinan pembaca meninggalkan unit iklan secara keseluruhan.


Karena format tersebut memungkinkan pengguna untuk membaca lebih banyak teks tanpa harus berpindah baris setiap beberapa kata, maka kemungkinan besar mata pengguna tidak akan meninggalkan unit iklan secara keseluruhan. Jika ditempatkan pada posisi yang benar, format iklan tersebut dapat meningkatkan penghasilan Anda. Format yang kami ketahui paling efektif adalah Persegi Panjang Besar 336x280, Persegi Panjang Sedang 300x250, dan Skyscraper Lebar 160x600. Perlu diketahui bahwa meskipun format iklan tersebut biasanya berperforma baik, namun sebaiknya Anda menggunakan format yang paling sesuai dengan halaman Anda.


Tips untuk mengoptimalkan ruang iklan yang sempit: Coba salah satu format unit link disempurnakan yang ditampilkan di bawah ini atau unit arahan. Format tersebut ramping, jelas, dan cukup fleksibel untuk menempati lokasi yang tidak dapat ditempati oleh iklan biasa.


Apakah warna palet yang paling berhasil?


Jika ingin mendapatkan dampak penghasilan tertinggi dengan upaya terendah, sebaiknya optimalkan palet warna Anda. Memilih palet yang tepat dapat membedakan antara iklan yang akan dilihat - dan diklik - pengguna dengan iklan yang akan langsung mereka abaikan.


Kami mencantumkan beberapa strategi di bawah ini yang dirancang untuk mengurangi pengabaian iklan, yakni kecenderungan pengguna untuk mengabaikan apapun yang terpisah dari konten utama situs. Dengan melakukan perubahan tersebut, iklan Anda akan lebih menarik bagi pengguna. Tujuannya bukan membuat pengguna menganggap iklan sebagai konten, namun membuat pengguna melihat dan membaca iklan agar dapat mengklik hal menarik bagi mereka.


Strategi warna yang harus digunakan di situs Anda akan beragam, tergantung pada penempatan iklan dan warna latar belakang lokasi iklan. Lihat tabel di bawah ini untuk mendapatkan referensi cepat tentang saran strategi kami yang akan berhasil di situs Anda.
























Iklan dalam konten



Iklan di dekat konten



Latar belakang iklan cerah



Samar



Samar atau pelengkap



Latar belakang iklan gelap



Samar, pelengkap, atau kontras



Kontras atau pelengkap



Berikut adalah penjelasan singkat tentang 3 teknik yang dapat digunakan untuk merancang palet warna yang akan berhasil di situs Anda:


· Untuk menyamarkan, buat warna latar belakang dan batas tepi iklan Anda sama dengan latar belakang halaman lokasi iklan. Jika situs Anda memiliki latar belakang putih dan Anda tidak ingin menghabiskan banyak waktu untuk memilih warna iklan, sebaiknya gunakan palet Tempat Terbuka standar kami.


· Untuk melengkapi, gunakan warna yang sudah ada di situs Anda, namun jangan samakan dengan warna latar belakang dan batas tepi yang tepat berada di lokasi iklan.


· Untuk membuat kontras, pilih warna yang mencolok dengan latar belakang situs Anda. Kontras hanya disarankan untuk situs dengan latar belakang gelap, jadi sebaiknya Anda menggunakan palet dengan latar belakang putih, batas tepi putih, dan judul biru.














Samar



Pelengkap



Kontras



Samar



Pelengkap



Kontras



Untuk sebagian besar teknik warna, sebaiknya gunakan warna teks iklan dan link yang sudah ada di situs Anda. Misalnya, jika semua link di situs Anda berwarna hijau dan teks berwarna hitam, gunakan juga link hijau dan teks hitam untuk iklan Anda. Karena sebagian besar pengguna terbiasa melihat link biru, Anda juga dapat mencoba menggunakan warna biru.


Secara umum, gunakan cara berpikir rasional saat memilih palet warna. Jika warna utama situs Anda adalah pastel, jangan rancang iklan yang semuanya memiliki warna primer. Pengguna tidak akan mengklik iklan yang tidak menarik secara visual.


Meskipun iklan Anda telah dirancang dengan sempurna, namun teknik di atas mungkin tidak berhasil karena beberapa alasan:


· Apakah situs Anda memiliki sebagian besar pengunjung berulang?
Jika pengunjung Anda sering kembali, mereka akan cenderung mengabaikan posisi iklan seiring waktu, apapun warna iklan yang ditampilkan. Coba ganti warna atau sesekali ubah lokasi iklan Anda pada halaman.


· Apakah situs Anda memiliki banyak iklan dan konten yang penuh?
Jika situs Anda dipenuhi iklan atau berisi banyak konten yang bersaing, mungkin Anda harus menggunakan warna yang lebih menarik secara visual agar iklan Anda menarik perhatian pengguna. Jika teknik di atas tidak memberi hasil bagi Anda, coba gunakan palet yang lebih mencolok


Tips untuk membuat iklan yang menarik: buka halaman Anda, lalu lihat sekilas, tempatkan diri Anda dalam posisi sebagai pengguna biasa. Apakah iklan Anda menarik perhatian, namun tidak berlebihan? Apakah Anda akan melihat dan membaca iklan tersebut, atau apakah mata Anda langsung beralih melaluinya? Coba seimbangkan antara iklan yang berlebihan terhadap konten Anda dengan iklan yang bahkan tidak akan dilihat pengguna. Bayangkan Anda sebagai pengguna, lalu lihat contoh di bawah ini. Apakah Anda akan memperhatikan iklan dengan penerapan ini?









Tidak Mencolok



Mencolok




Tips untuk menguji palet warna: tambahkan variasi dan kesegaran pada iklan Anda dengan menggilir beberapa palet warna. Anda hanya perlu menetapkan pilihan Gunakan beberapa palet saat membuat kode iklan pada langkah Pilih Format dan Warna Iklan dalam konfigurasi kode iklan, kemudian menekan tombol Kontrol atau Perintah, lalu memilih hingga 4 palet warna.


Apakah yang dimaksud dengan iklan teks yang diperluas?


Bila Anda melihat iklan teks yang diperluas hingga lebih dari satu unit iklan atau seluruh unit iklan, maka iklan teks tersebut mungkin bertarget penempatan atau bertarget kata kunci.


Iklan teks bertarget penempatan muncul bila pengiklan memilih situs tertentu untuk menjalankan iklan mereka berdasarkan harga per tayang. Iklan tersebut kemudian diperluas untuk mengisi seluruh unit iklan, sehingga membuatnya lebih menarik bagi pengiklan dan menghasilkan tawaran lebih tinggi yang berarti penghasilan yang lebih tinggi pula bagi penayang.


Iklan teks bertarget kata kunci juga dapat diperluas bila kami menganggap bahwa iklan yang lebih besar akan memiliki performa lebih baik untuk halaman tertentu. Teknologi AdSense akan secara otomatis menetapkan jumlah iklan optimal untuk ditampilkan dan hanya akan menampilkan lebih sedikit iklan bila meningkatkan penghasilan.


Perlu diketahui bahwa saat ini Anda tidak dapat membatalkan penayangan iklan teks yang diperluas. Jumlah iklan yang ditampilkan dalam unit iklan Anda ditetapkan secara otomatis untuk memaksimalkan klik per tayang dan penghasilan.


Bagaimana cara menyesuaikan warna iklan di situs Web?


Anda dapat memilih dari sejumlah palet warna standar atau membuatnya sendiri hingga 100 palet warna. Pemilihan palet warna dan format iklan sewaktu menjalankan panduan konfigurasi iklan akan menghasilkan kode iklan yang sesuai. Anda dapat memilih hingga 4 palet yang akan digilir secara acak. Untuk memanfaatkan fitur ini, Anda memerlukan browser Web yang lebih baru dengan fungsi JavaScript (Internet Explorer 5.5+ atau Netscape 6+).


Untuk mendapatkan kode iklan dengan palet pilihan Anda:


· Log in ke account Anda di https://www.google.com/adsense


· Klik tab Konfigurasi AdSense, lalu pilih AdSense untuk konten sebagai produk


· Pilih jenis dan format iklan.


· Dalam drop-down Warna, pilih salah satu palet standar. Anda dapat mengeditnya dengan mengklik kotak warna di samping setiap elemen iklan. Untuk menggilir palet, klik 'Gunakan beberapa palet', lalu pilih hingga 4 palet warna dengan menekan terus tombol Control atau Command.


· Jika Anda ingin memperbarui warna unit AdSense ini di lain waktu, berikan nama yang mudah diingat untuk unit AdSense tersebut. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah menemukan dan memperbarui pengaturan warnanya (atau pengaturan lain) secara langsung dalam account Anda, tanpa menyisipkan ulang kode iklan.


· Menyalin dan menyisipkan kode iklan AdSense ke halaman Web


Untuk membuat palet warna kustom dan mengatur daftar palet Anda:


· Log in ke account Anda di https://www.google.com/adsense


· Klik Palet Warna dalam tab Konfigurasi AdSense


· Pertama-tama, pilih palet warna standar


· Pilih warna yang diinginkan untuk setiap area iklan (batas tepi, latar belakang, judul, teks, dan URL)


· Berikan nama pada palet baru Anda


Klik Simpan Pengaturan

Apakah yang dimaksud dengan saluran?

Saluran dapat digunakan untuk melihat laporan rinci tentang performa halaman dan unit iklan tertentu. Dengan menetapkan kombinasi halaman atau unit iklan pada saluran, Anda dapat melacak performa leaderboard dibandingkan dengan banner, atau membandingkan halaman sepeda motor dengan halaman mobil Anda. Anda bahkan dapat membuat saluran untuk melacak setiap domain terpisah agar dapat melihat asal klik. Meskipun saluran dapat digunakan untuk melacak performa dan pendapatan, namun tidak akan berpengaruh pada penghasilan atau penargetan iklan.


Berikut adalah dua jenis saluran yang dapat dipilih: saluran URL dan saluran kustom.


Saluran URL


Gunakan Saluran URL untuk melacak performa tanpa memodifikasi kode iklan Anda. Dengan memasukkan sebagian atau URL lengkap, Anda dapat memulai pelacakan performa halaman tertentu di situs Anda. Anda dapat memasukkan nama domain tingkat atas untuk melacak semua halaman pada domain tersebut, atau memasukkan sebagian URL untuk melacak semua halaman di bawah direktori tertentu. Memasukkan URL lengkap akan melacak performa halaman tertentu.


Untuk informasi lebih lanjut, baca Bagaimana cara membuat saluran URL?


Saluran URL hanya tersedia bagi AdSense untuk halaman konten. Jika Anda ingin melacak AdSense untuk performa pencarian, gunakan saluran kustom.


Saluran Kustom


Saluran kustomdapat digunakan untuk melacak performa unit iklan spesifik berdasarkan kriteria yang ditetapkan. Dengan menyisipkan kode iklan khusus saluran pada halaman, Anda dapat melacak berbagai metrik di semua rentang URL. Gunakan saluran kustom, misalnya untuk melacak performa berbagai format iklan atau membandingkan berbagai topik halaman. Untuk mempelajari cara membuat dan menetapkan saluran kustom, baca Bagaimana cara membuat saluran kustom?


Anda juga dapat mengubah saluran kustom menjadi penempatan iklan yang dapat dipilih pengiklan untuk menempatkan iklannya.


Dengan 200 saluran AdSense dan 200 saluran AdSense untuk pencarian yang tersedia bagi setiap penayang, Anda dapat menggunakan semua saluran untuk memperoleh informasi yang diperlukan dalam mengoptimalkan performa situs. Saluran dapat ditambahkan, dinonaktifkan, atau diubah namanya secara praktis, dan laporan kustom dapat dibuat dengan mudah.


Tips: Untuk petunjuk dan saran tentang cara menggunakan saluran dalam melacak dan meningkatkan performa, lihat panduan Pengoptimalan dengan Saluran.


Uji keberhasilan Anda dengan saluran


Apakah Anda ingin mengetahui efektivitas penempatan, format, atau warna iklan tertentu pada halaman? Jalankan pengujian untuk mengetahuinya. Melakukan percobaan dengan AdSense dapat membantu Anda mengetahui hal yang akan paling berhasil di situs Anda, dan saluran merupakan perangkat yang tepat untuk percobaan tersebut. Kapanpun Anda melakukan perubahan pada situs, manfaatkan saluran untuk mengukur dan melihat dampaknya. Apapun yang ingin Anda lacak, baik jenis penempatan iklan tertentu atau seluruh situs, saluran kustom dan URL akan membantu Anda menentukan hal yang paling berhasil.


Pengujian juga akan membantu Anda mengambil keputusan yang cerdas tentang iklan. Jika Anda mempertimbangkan penggunaan salah satu tips pengoptimalan kami yang lainnya, sebaiknya lakukan pengujian menggunakan saluran. Semakin sering Anda melakukan pengujian, maka akan semakin baik pengetahuan Anda tentang dampak iklan. Semakin baik pengetahuan tentang dampak iklan, maka akan semakin cepat Anda menyadari potensi penghasilan Anda.


Tips untuk pengguna saluran: Saat membuat saluran kustom, berikan nama yang rinci agar di lain waktu Anda dapat mengidentifikasinya dengan mudah dalam laporan. Misalnya, "KananArtikelSkyscraperLebarTempatTerbuka" dapat menunjukkan unit iklan skyscraper lebar dengan palet Tempat Terbuka, yang terdapat di sisi kanan halaman artikel.


Saluran URL digunakan untuk melacak performa iklan di seluruh domain, subdomain, direktori, dan setiap halaman. Saluran tersebut dapat membantu Anda menjawab pertanyaan seperti:


· Domain manakah yang memberikan penghasilan terbesar?


· Di bagian situs manakah iklan berperforma terbaik? Artikel? Forum? Blog?


Membuat Saluran URL

Saluran URL mudah dibuat dan diterapkan melalui account AdSense. Untuk mengetahui caranya, lihat contoh sebagai berikut.


Skenario: Lisa memiliki situs tentang anjing (www.ContohSitusAnjing.co.id) dan ingin mengetahui performa iklan AdSense pada halaman artikel dibandingkan dengan bagian forum.


Ia melakukannya dalam 2 langkah mudah:


· Langkah pertama adalah log in, kemudian mengklik tab Konfigurasi AdSense. Baris link akan ditampilkan di bawah tab. Klik link Saluran.


· Selanjutnya, pastikan Anda berada pada subtab untuk produk yang benar (AdSense untuk konten atau AdSense untuk pencarian) dan membuat saluran URL, bukan saluran kustom. Klik link Tambahkan saluran URL baru, kemudian buat saluran baru untuk setiap direktori dengan memasukkan alamat (tanpa 'www') dalam kotak yang dihasilkan.


Dalam kasus ini, kami akan membuat 2 saluran: Satu untuk ContohSitusAnjing.co.id/artikel yang akan melacak performa iklan gabungan di semua artikel Lisa, dan satu lagi untuk ContohSitusAnjing.co.id/forum yang akan memantau semua bagian forum Lisa.



Setelah dibuat, saluran URL akan segera mulai mengumpulkan statistik. Untuk memaksimalkan penggunaan saluran, Anda harus dapat membuat laporan saluran yang efektif. Untuk mempelajari caranya, lihat di bawah ini.


Untuk jawaban atas beberapa pertanyaan umum tentang saluran URL, kunjungi link berikut:


· Bagaimanakah cara saluran URL melacak subdomain?


· Apakah nama saluran URL dapat diubah?


· Apakah saluran URL menyediakan data historis?



Saluran Kustom






Saluran kustom dapat digunakan untuk membantu Anda melacak warna, format, dan penempatan iklan yang paling efektif di situs Anda atau menyediakan jawaban atas pertanyaan seperti:


· Unit iklan manakah yang memperoleh penghasilan terbesar pada halaman muka?


oLeaderboard di bagian atas halaman?


oPersegi panjang di bagian tengah artikel?


oSkyscraper di sisi kanan halaman?


oUnit link dalam navigasi kiri?


· Apakah iklan akan berperforma lebih baik dengan atau tanpa batas tepi?


oTips: biasanya, iklan berperforma lebih baik tanpa batas tepi


· Bagaimanakah perbandingan penghasilan untuk setiap kotak AdSense untuk pencarian?


Untuk memaksimalkan penggunaan saluran kustom, sebaiknya lacak setiap unit iklan. Dengan demikian, Anda akan memiliki sekumpulan laporan utama yang dapat digunakan untuk menggabungkan data dari semua unit iklan, atau mengkombinasikan berbagai variasi agar memperoleh pengetahuan lebih rinci tentang performa AdSense situs Anda dan menjawab jenis pertanyaan yang tercantum di sisi atas bagian ini.


Membuat Saluran Kustom


Anda harus memahami cara menggunakan saluran kustom untuk menjawab pertanyaan di atas agar dapat mengoptimalkan performa unit iklan AdSense. Perhatikan contoh berikut.


Skenario: Joni memiliki situs tentang mobil. Saat ini, situsnya memiliki 3 unit iklan dan 1 unit link, kemudian Joni ingin mengetahui unit yang berperforma paling efektif. Untuk melakukannya, ia membuat saluran kustom terpisah untuk keempat unit iklan agar dapat memantau performanya.


Membuat dan menerapkan saluran kustom memerlukan proses yang lebih rumit dibandingkan saluran URL. Jangan khawatir, kami akan menunjukkan cara membuat saluran kustom dalam 4 langkah mudah:


1.       Mulai dengan log in ke account Anda, kemudian klik tab Konfigurasi AdSense, diikuti link Saluran. Untuk skenario ini, kami akan memperhatikan saluran kustom AdSense untuk konten. Karenanya, pastikan Anda berada pada produk dan subtab saluran yang tepat. Selanjutnya, klik Tambahkan saluran kustom baru


2.       Langkah berikutnya adalah memberikan nama saluran.

Anda harus memberikan nama saluran kustom yang tepat dan konsisten. Semakin banyak informasi lokasi dan cara penggunaan unit iklan pada nama, maka akan semakin mudah diidentifikasi di lain waktu saat membuat laporan saluran. Untuk contoh yang digunakan di sini, sebaiknya gunakan nama seperti:


oMukaAtasLeaderCokelatTanah


oMukaTengahPersegiPanjangCokelatTanah


oMukaKananSkyscpCokelatTanah


oMukaKiriLinkNavCokelatTanah


Anda akan menyadari bahwa semua nama tersebut mengikuti pola Halaman+Lokasi+Format Iklan+Palet Warna. Kami menganggap pola ini bermanfaat, namun Anda dapat menggunakan metode apapun yang paling sesuai untuk Anda.


Masukkan nama saluran dalam kotak saluran baru, kemudian klik Tambahkan saluran.



3.       Kini Anda dapat membuat kode iklan khusus saluran. Setelah nama dibuat, klik tab Konfigurasi AdSense, lalu pilih AdSense untuk konten sebagai produk.

Lanjutkan dengan memilih jenis iklan, format iklan, dan palet warna seperti biasa, kemudian di bagian Saluran,


pilih nama saluran yang akan ditambahkan dengan mengklik link Tambah>> (Anda dapat menambahkan hingga 5 saluran),


lalu klik Lanjut agar pilihan Anda tercermin dalam kode tata letak iklan.


4.       Terakhir, salin dan sisipkan kode pada halaman Web Anda. Pengidentifikasi saluran dalam kode Anda akan segera memulai pelacakan performa. Jika halaman tersebut telah memiliki kode iklan, Anda harus menggantinya dengan kode khusus saluran yang baru.

Ulangi proses untuk setiap unit iklan yang akan dilacak.



3. Membuat Laporan Saluran






Saluran aktif akan mengumpulkan data yang dapat diakses setiap saat. Data akan diatur dalam format laporan dan dapat diambil dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut:


1.       Setelah log in, klik link 'Laporan Lanjutan'.


2.       Pilih produk yang akan dilacak: AdSense untuk konten atau AdSense untuk pencarian.


3.       Setelah itu, klik tombol radio Data saluran.


4.       Selanjutnya, pilih rentang tanggal yang akan digunakan.


5.       Kini pilih saluran yang akan dibuatkan laporan menggunakan kotak centang.


oPerhatikan: Untuk mencari grup saluran tertentu dengan mudah, gunakan fungsi pencarian.

Menurut prinsip penamaan yang dijelaskan di bagian saluran kustom, jika Anda ingin mencari semua saluran yang terkait dengan halaman muka, ketik 'Muka' dalam kotak 'Cari Saluran'. Demikian juga, jika Anda ingin mencari semua saluran yang terkait dengan kotak iklan persegi panjang, cari kata 'Persegi panjang'. Setelah menyelesaikan pencarian, Anda dapat memilih semua hasil atau memilihnya satu per satu.


6.       Setelah memilih saluran yang dikehendaki, tentukan cara pengelompokan data yang diinginkan.


oUntuk laporan harian tentang data saluran yang dipilih, gunakan tombol radio Tanggal.


oUntuk laporan gabungan tentang statistik saluran pada rentang tanggal yang dipilih, gunakan tombol radio Saluran.


§ Tips: bermanfaat untuk perbandingan sederhana antara dua saluran atau lebih


oUntuk evaluasi lengkap tentang performa satu atau beberapa saluran yang ditampilkan menurut tanggal, pilih tombol radio Keduanya.


7.       Terakhir, klik tombol Tampilkan Laporan.


Tips: Anda tidak yakin tentang hal yang harus diuji dalam saluran kustom? Untuk saran tentang cara mengoptimalkan performa iklan, pelajari Tips Pengoptimalan kami.


Bagaimanakah cara mengubah saluran kustom menjadi penempatan iklan?


Bila Anda mengubah saluran kustom menjadi penempatan iklan yang dapat ditargetkan, pengiklan akan melihat penempatan iklan yang ditetapkan sebagai salah satu tempat yang tersedia untuk menayangkan iklan mereka. Anda dapat mengubah saluran kustom menjadi penempatan iklan dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:


1.       Log in ke account Anda di http://www.google.com/adsense


2.       Dalam tab Konfigurasi AdSense, kunjungi halaman Saluran.


3.       Dalam subtab AdSense untuk konten, pastikan Anda memilih saluran kustom.


4.       Klik tombol radio di sebelah saluran yang akan ditargetkan, kemudian klik link 'edit pengaturan' yang sesuai.


5.       Klik kotak centang Tampilkan saluran ini kepada pengiklan sebagai penempatan iklan, kemudian masukkan keterangan saluran. Perlu diketahui bahwa pengiklan akan melihat nama dan keterangan tersebut, sehingga sebaiknya berikan keterangan akurat dan informatif yang mencerminkan situs Anda dengan baik.


6.       Klik 'Simpan saluran'.


Perlu diketahui bahwa jika Anda memiliki saluran kustom yang mencakup beberapa situs, pengiklan akan melihatnya terbagi menjadi beberapa saluran kustom menurut situs. Perlu diketahui juga bahwa jika Anda mengedit nama saluran di lain waktu, tawaran pengiklan yang ada untuk saluran tersebut akan hilang.


Apakah yang dimaksud dengan unit link?

Unit link adalah format baru iklan teks yang kami tawarkan kepada penayang AdSense. Unit link menampilkan daftar topik yang relevan dengan halaman Anda dengan algoritme penargetan kontekstual yang sama untuk menargetkan iklan Google ke halaman konten. Bila diklik, setiap topik akan mengarahkan pengguna ke halaman iklan yang terkait.


Unit Link


Hasilnya adalah iklan yang ditargetkan dengan tepat dengan minat pengguna. Dengan memilih topik melalui interaksi terhadap unit iklan, pengguna akan mendapatkan informasi bermanfaat dalam bentuk iklan yang terkait. Keterlibatan langsung dengan perkembangan unit iklan menjamin bahwa iklan yang menarik akan ditampilkan.


Untuk melihat contoh unit iklan, kunjungi halaman Format Iklan. Untuk petunjuk tentang cara menambahkan unit iklan ke situs Anda, lihat entri Bagaimanakah cara menambahkan unit link ke halaman?


Bagaimana cara menambahkan unit link ke halaman?


Penayang AdSense dapat menambahkan hingga tiga unit link ke halaman konten mereka yang sesuai dengan kebijakan program kami. Menambahkan unit link semudah menyisipkan rangkaian kode ke sumber halaman Anda, ikuti petunjuk di bawah ini untuk mulai menampilkan format iklan teks baru di situs web Anda:


1.       Masuk ke account AdSense Anda di www.google.com/adsense


2.       Klik tab Konfigurasi AdSense, lalu pilih AdSense untuk konten sebagai produk.


3.       Pilih tombol radio unit link, kemudian lanjutkan.


4.       Dari daftar drop-down Format, pilih format unit link, lalu pilih tombol radio untuk menampilkan 4 atau 5 link per unit.


5.       Pilih palet warna, kemudian tetapkan saluran, lalu jika ingin, ganti iklan dengan unit iklan Anda.


6.       Salin dan sisipkan kode iklan dari kotak Kode AdSense Anda ke sumber halaman web Anda. Pastikan Anda menyalin kode secara keseluruhan, dan Anda menyisipkannya ke badan sumber.


Setelah Anda memperbarui halaman, unit link akan segera ditampilkan. Jika kami belum meng-crawl halaman Anda, kami mungkin akan mulai menampilkan iklan pengganti atau kotak pencarian 'Lihat iklan tentang' dalam unit link.


Unit link membantu Anda memanfaatkan ruang terbatas secara maksimal.


Jika Anda ingin unit iklan yang beradaptasi dengan situs dan minat pembaca Anda, coba unit link. Setiap unit link akan menampilkan daftar topik yang relevan dengan konten situs Anda, dan bila pengguna mengklik salah satu dari topik tersebut, mereka akan dibawa ke halaman iklan AdWords yang terkait dengan topik tersebut. Meskipun Anda tidak akan menerima penghasilan dari klik tentang topik, namun Anda akan menerima bayaran untuk pengguna yang mengklik iklan AdWords pada halaman hasil.



Unit link biasanya akan efektif untuk konten yang lebih fokus, bila pengunjung cenderung mencari informasi yang spesifik. Formatnya yang bervariasi juga merupakan format yang hemat ruang, sehingga kami sarankan untuk menggabungkan unit iklan ke lokasi baru dan tidak biasa di seluruh situs Anda. Ingat bahwa tiga unit link per halaman dapat ditempatkan selain tiga unit iklan AdSense standar yang terdapat pada halaman tersebut.


Untuk mempelajari lebih lanjut tentang unit iklan, periksa bagian unit link dalam Pusat Bantuan AdSense.

Tips Sukses Adsense